Kamis, 24 Januari 2013

ILMU BEKAM/HIJAMAH



Kata Bekam merupakan istilah yang dikenal dalam bahasa melayu, bahasa arab mengenalnya sebagai Hijamah, dalam bahasa inggris dikenal sebagai cupping, orang cina mengenalnya sebagai gua-sha, sedangkan orang Indonesia mengenalnya sebagai cantuk atau kop. Bekam atau yang sering di sebut dengan hijamah memiliki dua makna :

Pertama :  Terambil dari kata kerja hajama yang berarti menyedot, dengan demikian yang dimaksud dengan hijamah adalah menyedot sejumlah darah dari tempat-tempat tertentu dengan tujuan mengobati satu organ tubuh atau suatu penyakit tertentu. inilah makna yang populer.  

Kedua : Terambil dari kata hajjama yang berarti mengembalikan sesuatu kepada volumenya yang asli dan mencegahnya untuk berkembang biak, dengan demikian yang di maksud dengan hijamah adalah menghentikan suatu penyakit agar tidak berkembang. 

Bekam mulai di kenal dan di lakukan sejak jaman Mesir kuno, bangsa Mesir kuno pada saat itu di kenal sebagai bangsa yang banyak mengadakan perjalanan jauh untuk berdagang yang tentunya perjalanan tersebut banyak menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman di tubuh, untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tubuh tersebut, mereka berupaya untuk mengeluarkan cairan-cairan darah kotor yang mereka anggap mempengaruhi keseimbangan metabolisme di tubuh.

Pada perkembangannya, ilmu bekam kemudian menyebar dan berkembang ke berbagai negara di dunia sebagai salah satu bentuk pengobatan yang ampuh, bekam merupakan salah satu bentuk pengobatan dalam Islam yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad saw.

Sebagaimana di riwayatkan Said bin Jubair berkata dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah saw bersabda : Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara : Pertama Minum madu. Kedua Dengan pembekaman. Ketiga, Dengan besi panas dan aku tidak menganjurkan umatku melakukan pengobatan dengan besi panas

Dari Anas bin Malik radhiallahu anhu, Rasulullah Saw bersabda :  Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah ( bekam )”. Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu,  Rasulullah Saw bersabda : “ Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah bekam ”.

Sebagai umat Islam sudah seharusnya kita memakai bekam sebagai salah satu terapi pengobatan dalam upaya untuk mencari kesembuhan atas penyakit yang kita derita karena cara pengobatan tersebut (bekam) telah Allah tunjukkan kepada umat manusia melalui Rasulullah saw dan para sahabatnya,

Firman Allah : Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu’min dan tidak ( pula ) bagi perempuan yang mu’min, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan ( yang lain ) tentang urusan mereka.  Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasulnya maka sesungguhnya dia telah sesat, sesat yang nyata”. ( QS. Al-Ahzab:36 )

Kata Bekam atau Hujama di sebut terapi ala Islam apabila kita ingin mengaitkan terapi ini dengan masyarakat Arab. Atau kaum muslimin atau dengan Nabi kita. Nabi muhammad saw pernah menegaskan refektifitas bekam dan mengajak para sahabat untuk menggunakan bekam, beliau juga menentukan beberapa bagian tubuh yang telah di bekam maka akan mengakibatkan kesembuhan dengan ijin Allah. Materi ilmu pengobatan dan Diktat alternatif ilmu bekam hujama antara lain berisi  :  

1 . Khasiat Bekam :  Alat bekam yang harus di persiapkan,  Jenis bekam, Cara membekam, Bekam kering, Bekam basah, Bekam geser, Bekam sedot cabut, Pasien yang tidak boleh di bekam, Mendeteksi penyakit lewat jari kaki. Mendeteksi penyakit lewat telapak tangan, Mengisi minyak kelapa untuk untuk mengobati berbagai penyakit, Mengisi  madu untuk pengobatan, 2 . Daftar Titik Bekam  : Seperti Penyakit reumatik, Penyakit encok, Penyakit kram otot, Penyakit salah urat, Penyakit stroke, Penyakit migran,  Penyakit tumor otak, Penyakit darah tinggi, sakit Penyakit perut, Penyakit diabetes, Penyakit anemia, Penyakit amandel, Penyakit ginjal, Penyakit wasir, Penyakit asma, Penyakit sinusitis, Penyakit sakit lutut, Penyakit penyempitan dan pemyumbatan pembuluh darah, meningkatkan daya ingat, penyakit kaki gajah, Penyakit gata-gatal, Penyakit kanker darah, Penyakit prostat, penyakit lemah sahwat, Penyakit stress, Penyakit pada pendengaran berkurang, dll. ( Di Maharkan ) 

KETERANGAN

1 . Mahar diatas untuk menghargai waktu kami dalam menyediakan Khotaman ilmu jarak jauh dan layanan spiritual, Sedangkan yang Anda maharin bentuk fisik dari produk yang Anda pesan. Satu paket keilmuan di atas ini bisa di pelajari dari jarak jauh, dan tidak perlu anda datang kealamat kami dan penyempurnaan bisa di pandu jarak jauh. Atau bisa datang langsung ke Majelis kami. 

2 . Memang kita akui yang namanya ilmu gaib/ilmu hikmah dan lain sebagainya, memang sangat sukar untuk di pelajari oleh sebab itulah Majelis kami menyiapkan selain Buku/Diktat Panduan Keilmuan + Rajah untuk mandi + Rajah untuk di Telan + Kunci Pembuka Ilmu dan Kunci Penutup Ilmu serta Asma Pembentuk Kesempurnaa Ilmu. Yang bertujuan agar ilmu yang di pelajari dari aliran ilmu apa saja yang anda dalami dan pelajari akan mudah apabila menggunakan cara seperti ini. 

3 . Satu paket keilmuan yang di atas memiliki kunci ilmu serta khasiat dan manfaat dan jenis ilmu. Sedangkan lamanya pengamalan tergantung dari suatu ilmu yang anda pilih, karena terkadang suatu ilmu itu sama nama dan sama manfaatnya akan tetapi yang membedakan tata cara pengamalan dan bacaannya oleh karena itu carilah suatu keilmuan  yang di rasa cocok dengan kemampuan diri Anda.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar