Jumat, 04 Januari 2013

KERIS UDAN MAS


Keris ini sering di sebut keris hujan emas berwarna coklat kehitam-hitaman,berukuran panjang 37 cm. Berluk 1 tangguh tengahan dan pada gundiknya terlihat berupa pusar-pusar banyak sepanjang bilah mengikuti alur di keris dan keris ini di sertai pamor Tumpuk artinya pusar-pusar berlapis sampai ujung bilah. Keris Udan Mas adalah Keris telah di gunakan pada abad ke-9 dan ke-14. Media yang diambil melalui proses penarikkan ghaib.

Benda Pusaka memiliki berbagai jenis bisa berupa keris, kujang, tombak, pedang, golok dan lain sebagainya dan terkadang benda-benda tersebut ada yang bertuliskan huruf Arab, huruf sangsekaerta atau huruf cina yang umumnya terbuat dari bahan logam besi, kuningan, perak dan keberadaan pusaka tersebut umumnya berada di alam gaib dan di dalam tanah atau tempat biasanya akan menjadikan tempat tersebut bersuasana angker, hal ini sesuai perwatakan masing-masing pusaka.  

Selain benda-benda pusaka yang berukuran besar banyak juga benda-benda pusaka yang berukuran kecil seperti keris, kujang, tombak, pedang, golok, batu cincin, jimat rajahan, dan sebagainya, pada umumnya benda-benda tersebut adalah pegangan para raja, pendekar dan jawara jaman dulu. Dan masing-masing benda tersebut di alam ghaibdijaga oleh sesosok makhluk ghaib, yang menjadikan benda-bendatersebut sebagai jimat atau sebagai benda koleksi bangsa mereka 

Pamor ini di namakan Udan Mas ini karena terlihat dari penerapan pamor yang seperti tidak di rencanakan sebelumnya oleh si empu dan Keris yang berpamor udan mas ini seperti pamor tetesing warih artinya : ( air yang menetes ), dari pamor inilah kemudian di sebut dengan pamor udan mas. sebagaimana pusaka-pusaka tingkaat tinggi lainnya, keris ini tidak dipakai sebagai sejata perang namun lebih pada penggunaan kekuatan daya magisnya.

Filosofi pamor ini sangat memiliki nilai ajaran yang luhur, hal ini tergambar dari bulatan-bulatan pamornya yang berlapis bagaikan obat nyamuk. di mana simbul tersebut bisa di baca atau di maknai bahwa individu harus memiliki kepekaan terhadap sekitarnya. di sini ada ajaran bahwa manusia harus bisa berguna bagi mahluk-mahluk Tuhan lainnya. ada ajaran berbuat sedekah di dalam pamor udan mas ini, ini dapat di lihat dari namanya sedekah itu bagaikan hujan emas bagi penerimanya maupun pemberinya.

Sebagai Sarana :

Keris Kyai Udan Mas ini memiliki pancaran aura maunya bergerak, pemiliknya pandai mencari uang harta benda,tidak kekurangan akan sandang pangan, melancarkan segala macam usaha apa saja,  menambah akal budi, didekati rezeki banyak, memancarkan aura kekayaan, dll.( Di Maharkan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar